[Review] The Chronicles of Audy: 4R - Orizuka

Title of Book: The Chronicles of Audy: 4R
Series: The Chronicles of Audy #1
Author: Orizuka
Publisher: Penerbit Haru
Publication Year: 2013
Language: Bahasa Indonesia
Format: paperback
Pages: 320




Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun. 
Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu. 
Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi! 
Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael. 
Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu! 
Terdengar klise? 
Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah! 
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy. 



Audy adalah mahasiswi tingkat akhir jurusan Hubungan Internasional di UGM. Sedikit lagi Audy akan mendapatkan gelar sarjana. Sayangnya, ia memiliki beberapa rintangan yang menghalanginya untuk mendapatkan gelar tersebut. Selain masih harus menyelesaikan skripsi, keluguan orangtuanya menyebabkan Audy juga harus memikirkan biaya untuk menghidupi dirinya selama mengerjakan skripsi. Ditodong ibu kos karena tunggakan uang kosnya yang sudah 3 bulan belum dibayar, Audy pun bertekat untuk mencari pekerjaan. Ternyata pekerjaan yang ia dapat malah mempertemukan ia dengan 4 bersaudara Rashad. DImulailah kehidupan yang penuh drama untuk Audy. 
Sebenarnya sudah lama sekali saya ingin membaca buku ini. Yang membuat saya tertarik, kovernya. Cantik banget. Simple, didominasi warna coklat dan merah. Belum lagi tepi buku yang ikut berwarna merah. Premis yang disajikan di kover belakang buku juga cukup menarik minat saya, walaupun sekilas ketika tau bahwa ada 4 cowok di buku ini yang terbayang di pikiran saya adalah F4 (but it’s not, I assure you). 
Satu kata yang akan saya pakai untuk menggambarkan buku ini adalah komik. Membaca buku ini serasa membaca komik serial cantik atau mungkin menonton sitkom. Sebagai tokoh utama, Audy seperti tipikal karakter utama komik serial cantik. Biasa-biasa saja, tapi ceria, menyenangkan, dan mudah bergaul. Kemudian ada tiga pria yang jadi potential love interest Audy. Tiga, karena nggak mungkin Rafael yang masih balita diikutkan jadi potential love interest Audy kan. Nah, ketiga pria ini memiliki karakter unik masing-masing. Ada yang jenius dan pendiam tapi cuek, ada yang kocak tapi agak jorok, ada yang dewasa (hampir sempurna) tapi perhitungan. Walaupun Audy kelihatannya tidak memiliki kelebihan yang bisa membuat mereka tertarik, kedatangan Audy jelas membuat hidup mereka lebih berwarna. 
Kembali ke pernyataan saya tadi bahwa buku ini mengingatkan saya akan komik. Buku ini diceritakan dari sudut pandang Audy. Audy ini orangnya setengah lugu dan blak-blakan. Jadi bayangkan aja ada di kepala Audy itu kocaknya bagaimana. Belum lagi Audy kadang bisa dramatis dan bikin heboh. Benar-benar seperti tokoh komik. 
Untuk buku pertama, saya rasa The Chronicles of Audy: 4R ini sudah cukup memberi dasar 'dunia' Audy. Karakter-karakter di buku ini memiliki potensi untuk digali lebih dalam lagi di buku selanjutnya, terutama Rashad bersaudara. Memang, kalau mau dianalisis lebih lanjut, buku ini ada kurangnya. Mulai dari how unrealistic this book is sampai dialog yang kadang cheesy dan cringeworthy. It's not like this book is the best book ever. But, at least this book serves its purpose. Buku ini menghibur dan memang itu yang sedang saya butuhkan waktu saya membaca buku ini. Jadi, kalau lagi mencari bacaan yang ringan dan butuh bahan untuk tertawa, saya sarankan untuk langsung terjun ke kronik kehidupan Audy. 


No comments :

Post a Comment